بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&id=904580092#!/notes/paramartha-channel/download-pedoman-kesiapsiagaan-menghadapi-gempa-bumi-buku-saku/118288191557036

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang terletak pada pertemuan tiga lempeng bumi: lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik (lihat Gambar 1). Disadari atau tidak, area pertemuan lempeng tektonik bagaikan ‘tungku raksasa’ yang terus bergejolak (lihat Gambar 2). Pada satu sisi, dapat memicu gempa dan tumbuhnya gunung berapi. Tetapi disisi lain, merupakan ‘tungku’ produksi mineral berharga, dan itu sebabnya Indonesia merupakan daerah yang kaya akan emas, perak, mangan dan bahan tambang lainnya.

Gempa tidak terjadi tiba-tiba dan bukan tanpa sebab, tetapi lahir dari proses alam. Karena itu sudah saatnya kita semakin mengenali negeri yang kita tinggali ini, memahami segala potensi dan tantangannya, serta memiliki mental siapsiaga terhadap segala ancamannya. Buku saku “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Gempa Bumi”, merupakan satu sumbangan kecil bagi masyarakat Indonesia untuk semakin mengenal, dan bersiap hidup dalam fitrah alamnya yang unik.

Download E-Book (PDF)

Versi Cetak v.s. Versi E-Book

Divisi Managemen Bencana (DMB Paramartha) sedianya akan mencetak buku ini dalam waktu dekat. Buku ini nantinya dapat disebarluaskan ke kalangan umum. Namun karena masih terus diperbaiki dan disempurnakan, untuk versi ebook ini baru diumumkan di lingkungan salik Kadisiyah.

Divisi Managemen Bencana – Paramartha

  • Primary Email: mitigasi@paramartha.org (http://mitigasi.paramartha.org/)
  • Contact Person: Tubagus Furqon Sofhani (ketua), Ahmad Shalahuddin Zulfa, Danny Daud Setiana

Bila sahabat-sahabat memiliki kritik dan saran, silahkan tuangkan dalam comment di bawah atau melalui email: mitigasi@paramartha.org.

Gambar 1: Lempeng-Lempeng Utama di Dunia
Lempeng Eurasia bergerak ke arah selatan; lempeng Pasifik bergerak ke arah Barat; dan Lempeng Indo-Australia bergerak ke arah timur-laut.
Gambar 2: Subduksi Lempeng
Subduksi lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia membentuk Palung Jawa yang dalam di Samudra Hindia, dan rangkaian gunung berapi di sepanjang Sumatra, Jawa, hingga Nusa Tenggara (re-drawing from indiaeng.com).

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Terima kasih banyak untuk Teman-teman sekalian…

About these ads