Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Diambil dari sebuah link di internet, lupa mencantumkan link nya…  Setelah diedit…
Lahir sekitar tahun 569 BC di Samos, Ionia dan meninggal pada tahun 475 BC. Pythagoras dari Samos seringkali digambarkan sebagai seorang matematikawan murni. Dia adalah tokoh yang sangat penting dalam pengembangan matematika. Tidak seperti banyak matematikawan Yunani yang menulis buku, Pythagoras tidak menulis satu buku pun. Merupakan tokoh misterius.

Ayah Pythagoras bernama Mnesarchus, ibunya adalah Pythais dan dia adalah penduduk asli Samos. Mnesarchus adalah seorang pedagang yang datang dari Tyre. Menurut cerita, ia pernah membawa jagung ke Samos pada masa kelaparan dan sebagai penghargaan ia mendapatkan kewarganegaraan Samos. Sebagai anaknya, Pythagoras menghabiskan awal tahun di Samos dan banyak melakukan perjalanan dengan ayahnya.

Sedikit yang diketahui tentang Pythagoras. Semua penampilan fisiknya mungkin fiktif kecuali gambaran yang mengesankan Pythagoras yang memiliki tahi lalat pada paha. Mungkin dia mempunyai dua saudara laki-laki meskipun beberapa sumber mengatakan ada tiga. Tentu dia dididik dengan baik, belajar untuk memutar lyre, belajar puisi dan membaca Homer. Terdapat tiga filsuf yang mempengaruhi Pythagoras ketika ia seorang anak muda. Salah satu yang paling penting adalah Pherekydes yang banyak menjelaskan sebagai guru dari Pythagoras.

Dua filsuf lain yang mempengaruhi Pythagoras, memperkenalkannya ide matematika, adalah Thales dan Anaximander. Dikatakan bahwa Pythagoras pernah berkunjung di Miletus Thales ketika berusia antara 18 dan 20 tahun. Saat itu Thales adalah seorang tua. Meskipun ia membuat kesan kuat pada Pythagoras, tidak banyak hal yang diajarkannya; ia memberikan kontribusi ke Pythagoras minat matematika dan astronomi. Ia pun menyarankan Pythagoras untuk melakukan perjalanan ke Mesir dengan tujuan untuk mempelajari beberapa mata pelajaran. Anaximander tertarik dengan geometri dan kosmologi. Masih banyak lagi sebenarnya orang yang akan mempengaruhi ide Pythagoras.

Pythagoras mendirikan suatu falsafah dan agama di sekolah Croton (sekarang Crotone, di sebelah timur dari tumit sebelah selatan Italia) yang memiliki banyak pengikutnya. Pythagoras adalah ketua masyarakat dengan perserikatan yang dikenal dengan Mathematikoi. Mathematikoi yang tinggal secara permanen dengan Masyarakat, tidak memiliki harta pribadi dan para vegetarian. Mereka diajar oleh Pythagoras dengan disiplin yang ketat, dan tentunya wajib mentaati segala hukum yang berlaku. Mereka harus mengendalikan diri dengan ketat dan taat aturan.Ajaran Pythagoras:
(1) pada tingkat terdalam, matematika merupakan hal real di alam,
(2) filosofi yang dapat digunakan untuk pemurnian rohani,
(3) jiwa yang dapat menimbulkan kesatuan dengan Tuhan,
(4) simbol tertentu yang memiliki kepentingan mistik, dan
(5) bahwa ikatan kekeluargaan/ persaudaraan harus memperhatikan dengan ketat hal loyalitas dan rahasia.

Laki-laki dan perempuan diizinkan untuk menjadi anggota Serikat, bahkan beberapa wanita Pythagoreans kemudian menjadi filsuf terkenal. Anggota serikat mendatangi masyarakat sepanjang hari untuk memberikan pertolongan apapun. Lalu setelah selesai, pulang ke rumah masing-masing.

Pythagoras yang sebenarnya tidak dikenal. Sekolahnya dipraktikkan dalam komunalisme rahasia sehingga sulit untuk membedakan antara karya Pythagoras dan pengikutnya. Sekolah dibuat berdasarkan filosofinya; matematika Pythagorastidak tertarik dengan prinsip-prinsip matematika, konsep angka, konsep sebuah segitiga atau angka lainnya matematika dan gagasan abstrak dari bukti.

Inti dari ajaran Pythagoras adalah musik, matematika dan astronomi. Pythagoras berkata bahwa getaran sebuah string (dawai) akan menghasilkan nada harmonis bila rasio dari panjang strings adalah seluruh nomor, dan bahwa berbagai bentuk ratios dapat meluas ke instrumen lainnya. Teori Pythagoras diformulasikan dalam matematika dalam bentuk musik. Pythagoras, juga seorang musisi, handal memutar lyre. Musik, digunakannya sebagai alat untuk membantu orang-orang yang sakit. Nada bukan hanya di musik, tetapi juga dapat ditemukan dalam narasi dan puisi.

Setiap nomor memiliki kepribadian – maskulin atau feminine, sempurna atau tidak lengkap, baik atau buruk. Sepuluh adalah yang nomor terbaik: ia sendiri yang pertama, empat integers – satu, dua, tiga, empat dan [1 + 2 + 3 + 4 = 10] – dan ini ditulis dalam notasi titik yang membentuk sebuah segitiga sempurna. Berawal dari titik.

Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin.