Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu’alaykum wr.wb.
Diterjemahkan dari teks Inggris ke Indonesia oleh Dwi Afrianti.

Hippocrates bersumpah
,

“Demi Tuhan, aku bersumpah atas nama-Nya, dalam kemampuan dan kebenaran pekerjaanku, serta kewajiban-kewajiban didalamnya, bahwa:

1. Aku akan senantiasa menganggap guruku setara dengan orang tuaku. Menjadikannya sebagai sahabat, menjaga, dan memenuhi kebutuhannya. Mengabdikan diriku selain kepada dirinya, juga kepada keluarganya. Mengajari keluarganya pengobatan, jika mereka memintanya, dengan pelayanan yang baik. Memberikan pelajaran-pelajaran yang diperlukan dalam pengobatan praktis kepada anak-anakku, anak-anak guruku dan kepada murid-muridku, yang berada pada jalan pengobatan ini.

2. Aku akan menolong manusia sesuai dengan kemampuan dan keahlianku, dengan tidak pernah bermaksud untuk membahayakan keselamatan orang lain.

3. Aku tidak akan pernah memberikan suatu racun kepada orang lain walaupun ia sendiri yang memintanya, bahkan sama sekali aku tidak akan pernah memberikan saran tentang pemberian racun. Aku tidak akan pernah menyarankan seseorang untuk melakukan aborsi. Aku akan menjaga kesucian hidupku dan pekerjaanku.

4. Aku tidak akan dengan gampang menyarankan seseorang untuk melakukan operasi selama masih bisa dilakukan dengan cara lain.

5. Siapapun yang aku kunjungi, kaya maupun miskin, aku akan mengabdikan diriku dengan baik kepada siapapun yang sakit. Aku akan memberikan bantuan tanpa mengharapkan imbalan atau maksud apapun dari tiap pasienku.

6. Apapun yang aku dengar atau lihat yang berkaitan dengan pekerjaanku atau hal lain di luar, aku akan menjaga kerahasiaannya dengan ketat.

Jika aku menjalankan pekerjaanku dengan benar dan memegang dengan taat sumpahku ini, semoga aku memperoleh hidup yang baik dan semoga kemurnian dan kehormatanku berlangsung selamanya. Namun jika aku tidak taat, maka biarkanlah hal kebalikannya terjadi kepadaku.”

Alhamdulillaahi Rabbil ‘alamiin.

Wassalaamu’alaykum wr. wb.

Iklan